ADB Fastboot Tool, mungkin kalian sering mendengar istilah tersebut. Bagi kalian yang sudah sering membaca atau sekadar mendengar tutorial mengenai root, pastinya istilah tersebut tidak asing di telinga kalian. Meskipun tak asing, namun masih banyak orang yang belum mengetahui istilah ADB tersebut.

Android Debug Bridge atau yang sering disingkat dengan ADB merupakan suatu program client server yang memiliki fungsi untuk digunakan pada program pengembangan aplikasi di android. Biasanya, ADB akan membantu dalam pengaturan sistem android. Tak hanya itu, ADB juga digunakan untuk mengatur emulator android. ADB sendiri adalah salah satu bagian dari SDK Android, yakni:

 

  1. Klien, merupakan bagian yang akan membantu dalam menjalankan suatu pengembangan.
  2. Daemon, merupakan bagian yang biasanya akan dijalankan pada background service di emulatornya.
  3. Server, merupakan bagian yang biasanya akan dijalankan pada background service.

Bila tadi sudah dijelaskan secara singkat mengenai ADB, kali ini kita akan membahas mengenai Fastboot. Fastboot sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk memperbarui sistem flash pada android. Jadi bila digabungkan, pengertian dari adb fastboot adalah sebuah perangkat yang biasanya akan membantu kita untuk melakukan partisi ulang atau alat yang digunakan untuk memperbarui sistem flash pada android. Untuk menginstal program ini ke Windows, maka kalian membutuhkan beberapa aplikasi yang akan membantu prosesnya, yakni 15 Seconds ADB Installer dan Minimal ADB And Fastboot. Kalian tinggal pilih saja, ingin menggunakan aplikasi yang mana.

 

Sebenarnya, kedua aplikasi tersebut sangatlah bagus untuk digunakan, namun banyak orang yang ternyata merekomendasikan untuk menggunakan salah satunya saja, seperti 15 Seconds ADB Installer. Selain filenya yang berukuran kecil, proses instalasinya pun lebih mudah dan lebih cepat dibanding dengan Minimal ADB And Fastboot. Bahkan, penggunaan aplikasi ini juga lebih aman. Langkah pertama yang harus kalian dilakukan adalah menghubungkan perangkat android ke PC atau laptop. Dan aktifkan pula USB debugging. Setelah itu, kalian harus mengunduh aplikasi 15 Seconds ADB Installer. Setelah berhasil mengunduh, coba tes aplikasinya, apakah bisa berjalan dengan semestinya atau tidak.

Install ADB Fastboot Tool Android Pada Windows